Media Informasi Online Remaja Terbaru dan Terkini

9 Kasiat dan Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan

Daun sirih adalah salah satu spesies asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon yang lain. Pada zaman kuno dahulu budaya kakek-nenek kita sering mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang dan kapur, tetapi seiring dengan perkembangan zaman secara bertahap menghilang. Daun sirih memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dan berbagai upacara. Manfaat daun sirih sangat banyak baik untuk kesehatan dan kecantikan, sehingga daun sirih juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pengobatan dan penyembuhan berbagai penyakit.

Daun sirih memiliki suatu zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk mensterilkan dan antijamur dan antioksidan. Selain daun sirih juga sering digunakan untuk mengobati penyakit, salah satu contoh adalah dengan merebus daun sirih untuk dapat menghilangkan bau badan, batuk, jerawat, keputihan dan sebagainya. Itu tidak hanya itu daun sirih untuk manfaat kesehatan, ada banyak manfaat lain yang harus Anda ketahui untuk mengobati berbagai penyakit dan berbahaya. Ingin tahu manfaat apa sirih bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya, silakan lihat artikel berikut:

Manfaat Daun Sirih

1.Mengobati Kangker

Daun sirih dapat berguna untuk mengobati kanker, Anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan mengambil beberapa daun sirih, lalu rebus sampai airnya berkurang menjadi 1/4, kemudian mengambil air rebusan daun sirih, campur dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari saat masih dalam keadaan hangat.

2. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun sirih adalah diuretik yang bermanfaat untuk buang air kecil halus. Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil penyakit, Anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk bertindak secara sepihak untuk membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampur jus daun sirih dengan madu dan susu, lalu minum selama 1 minggu.

3. Mengobati Mimisan

Jika Anda sering mengalami mimisan atau pendarahan di hidung, Anda dapat menghentikannya dengan menggunakan dan memakai daun sirih. Anda melakukan ini dengan mengambil satu daun sirih yang agak muda, kemudian ditumbuk, menggulung sambil memegang keluar minyak. Kemudian gunakan hidung Anda untuk menyumbat darah tidak keluar lagi.

4. Mengobati Luka bakar
 
Jika Anda terluka karena luka bakar, seperti knalpot terpapar atau sehingga Anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan memeras daun sirih secukupnya, kemudian tambahkan sedikit madu, lalu oleskan pada luka kulit karena terbakar. Apakah tersbeut sampai luka sembuh.

6. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang sering membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi, jika Anda memiliki diare, Anda dapat mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan daun sirih dengan mengambil enam lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak . Lalu tumbuk tiga bahan sampai halus, lalu gosokkan pada perut dengan diare.

7. Mengobati gatal-gatal dan Luka Bakar

Salah satu manfaat dari daun sirih yang dapat mengobati luka dan gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Anda dapat mengobatinya hanya dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan digunakan untuk mandi atau juga oleh tekena mencuci kulit gatal saja. Anda melakukan ini dengan mengambil 15 sampai 20 lembar daun sirih, lalu cuci dan mendidih. Sebisa mungkin gunakan daun sirih rebus air dalam keadaan masih hangat.

8. Mengobati Jerawat

Anda memiliki masalah dengan jerawat dan segera ingin menghapusnya, Anda dapat menggunakan daun sirih dengan mengambil 8 sampai 10 lembar daun sirih, lalu cuci, memeras atau digiling kasar, kemudian diseduh dengan air panas dan menggunakan air untuk mencuci luka. Lakukan cara ini sampai 2 atau 3 kali sehari.

9. Menghilangkan Bau Badan

Anda memiliki masalah dengan bau badan, dan ingin menghilangkannya secara alami. Anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk menghilangkan itu dengan mengambil lima daun sirih dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa 1 gelas hingga hanya. Kemudian minulah pada siang hari. Lakukan ini sampai bau hilang.

10. Mengobati Bisul

Jika Anda terkena mendidih, maka Anda dapat menggunakan untuk mengobati daun sirih. Sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu oleskan pada daerah yang terkena mendidih. Daun sirih Tidaj untuk melarikan diri, Anda harus menggunakan perban kain.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak  untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa ulasan tentang manfaat kesehatan daun sirih di atas untuk kali ini. Mudadahan dan semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang berat. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Kasiat dan Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan