Media Informasi Online Remaja Terbaru dan Terkini

10 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Manfaat kopi untuk kesehatan » Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari tanaman ekstraksi biji kopi yang bagus diproses melalui pengolahan. Kopi itu sendiri dikenal memiliki kandungan kafein di dalamnya, tapi tidaklah hanya itu ternyata kopi juga memiliki senyawa antioksidan dengan jumlah yang cukup banyak. Senyawa tersebutlah yang berguna untuk melawan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain manfaat kopi juga dapat mengurangi penyakit risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Untuk beberapa orang yang berangapan bahwa dengan minum kopi itu adalah termasuk dalam salah satu minuman yang tidak sehat. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, maka Anda harus membaca artikel ini, karena kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Untuk rincian lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari kopi, silakan baca lebih lanjut dalam artikel berikut:

Manfaat Kopi

1. Mencegah Batu Ginjal
Para peneliti di Harvard mendapatkan dan menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi setiap sehari, akan dapat mengurangi risiko 25 persen lebih mungkin mengembangkan batu ginjal. Selain itu, penelitian lain juga telah melakukan itu sebelumnya dan hasilnya adalah sama dengan peneliti Harvard.

2. Mengurangi Risiko Stroke Serangan
Dalam sebuah penelitian melalui studi kasus dari sejumlah perempuan telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi di konsumsi standar yang baik, ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada wanita yang tidak mengonsumsi kopi. Hal ini didukung oleh hasil penelitian lain di Finlandia yang dikonfirmasi hasil dari studi kasus.

3. Risiko rendah dari Diabetes
Studi ini menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Karena bagi orang-orang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, memiliki risiko mengembangkan tipe 2 diabtes 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka-mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Telah melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang telah diterbitkan pada awal Januari 2012 tahun lalu.

4. Mencegah Kanker
Sebuah konten antioksidan yang cukup tinggi yang terkandung dalam kopi bisa mencegah pertumbuhan berbagai jenis kanker. Ini telah dibuktikan pada didalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada sejumlah wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua cangkir kopi sehari memiliki risiko 25% lebih rendah terhadap kanker usus besar.

5. Mencegah Depresi
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menemukan pada tahun 2011, menunjukkan bahwa pada seorang wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, risiko 15 persen lebih rendah dari depresi. Adapun wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari, 20 persen lebih mungkin mengembangkan depresi.

6. Kurangi Risiko Hati
Kopi telah terbukti mampu mencegah sirosis hati dan penyakit hati lainnya, seperti mengurangi risiko penyakit hati. Hal ini karena tingginya kandungan antioksidan dan kandungan kafein yang bagaus terdapat dalam setiap biji kopi.

7. Cegah Risiko Kanker Mulut dan Gigi Lindungi
Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel-sel kanker. Tidak hanya itu, ternyata kopi juga memiliki anti-bakteri dan anti-perekat yang begitu sangat baik untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah dan kesehatan mulut, seperti pada gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

8. Mengurangi Nyeri Kepala
Menurut Seimur Damond, M, D dari Chicago 's Berlian Hadche Clinic, bahwa kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi penderita sakit kepala. Hal ini membuktikan bahwa pasien dengan sakit kepala ringan atau migrain telah terbukti disembuhkan dengan minum kopi yang kuat.

9. Pertajam Ingatan
Sebuah studi pada tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiologi Amerika Utara, menemukan bahwa mengonsumsi dua buah kopi berkafein sangat dapat membantu meningkatkan memori jangka panjang dan pendek dengan kecepatan reaksi pada seseorang. Uniknya, hanya dapat berlaku untuk wanita saja, tidak berlaku untuk laki-laki.

10. Meningkatkan Metabolisme
Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi perempuan. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk mempertahankan dan menurunkan kelebihan berat badan.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang manfaat kopi untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi tentang manfaat kopi. Terima kasih dan sampai jumpa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Manfaat Kopi untuk Kesehatan